TRAVELOKA
Nama : Alicia Oksiany
NPM : 50414844
Kelas : 4IA20
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Profile Perusahaan
Traveloka adalah
perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan pencarian
dan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online. Dengan teknologi
Traveloka, Anda dapat menemukan rute penerbangan dan hotel terbaik secara
cepat, aman, dengan harga termurah tanpa tambahan biaya apapun.
Visi dan Misi Perusahaan
Visi :
1.
Menjadikan
traveling lebih mudah, cepat, dan menyenangkan melalui teknologi
2.
Menjadi salah satu
perusahaan Biro Perjalanan Wisata (Agen Perjalanan) terbaik di Indonesia.
3.
Berkontribusi didalam
meningkatkan industri pariwisata dan transportasi/perjalanan di Indonesia.
Misi :
1.
Selalu
menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik.
2.
Memberikan
kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan.
3.
Secara terus
menerus meningkatkan kemampuan SDM dan infrastuktur perusahaan sehingga dapat
memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya.
4.
Menjalin dan
meningkatkan kerja sama dengan semua mitra usaha, baik domestik dan
International.
Sejarah Traveloka
Perusahaan
Traveloka didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Deniarto Kusuma, dan
Albert. Pada awal konsepnya, Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk
membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan
tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat.
Pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Selain itu, jasa
pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka pada bulan Juli 2014.
Pada
bulan November 2012, perusahaan Traveloka mengumumkan investasi tahap awal oleh
East Venture. Pada bulan September 2013 perusahaan Traveloka mengumumkan
investasi seri A oleh Global Founders Capital. Dana dari investasi digunakan
untuk membangun layanan baru seperti pemesanan hotel dan paket wisata.
Selanjutnya Traveloka melayani lebih dari 18.000 rute penerbangan dan ribuan
hotel di kawasan Asia Pasifik.
Tentang Traveloka
Traveloka
adalah salah satu travel agent online. Baik tiket hotel,pesawat,kereta.
Traveloka sendiri memiliki 2 platform yaitu berbasis web atau dapat diakses
melalui PC dan adapula yang berbasis aplikasi yang dapat digunakan pada gadget
yang memiliki OS(Operating System) Android. Traveloka memiliki beberapa
kelebihan dibanding travel agent online sejenis salah satunya adalah Lebih
Murah karena tidak dibebankan harga Booking dan Service Fee pada
setiap pemesanan tiket, Lebih Mudah karena ada banyak metode pembayaran pesanan
yang dapat dibilih sesuai keinginan, serta traveloka lebih terpercaya karena
dalam sistemnya ketika kita sudah memesan tiket akan muncul waktu untuk
pembayaran tiket tersebut apabila dalam waktu yang telah ditentukan pelanggan
tidak melakukan pembayaran maka pesanan akan otomatis terblokir oleh sistem.
Tampilan
Awal Website Traveloka
Terdapat
pula fitur refund dan re-schedule yang dapat lebih mempermudah Customer apabila
akan membatalkan atau mengatur ulang detail mengenai pemesanan tiket. Untuk
refund sendiri adalah fitur yang dapat digunakan oleh Customer untuk
membatalkan pemesanan tiket dan mengambil kembali uang yang telah dikirimkan.
Sedangkan untuk re-schedule adalah fitur untuk mengganti beberapa detail
pemesanan tiket misalnya mengganti tanggal yang tertera pada pemesanan tiket. Selain
itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional
sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga
mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.
Ferry
Unardi mengatakan bahwa perusahaannya sekarang memiliki lebih dari 270
karyawan, meningkat dari 120 karyawan pada bulan September tahun lalu. Pada
bulan Maret, SimilarWeb mencatat bahwa jumlah pengunjung yang mengakses
Traveloka melalui desktop diestimasi mencapai 3,95 juta kunjungan. Sebuah angka
yang sangat impresif, tapi masih kalah jauh dengan estimasi seharusnya pada
bulan Desember — saat perjalanan penerbangan sedang ramai-ramainya — yang mana
ada sekitar 5,45 juta pengguna yang mengakses melalui desktop. Sebaliknya,
kompetitor terdekat Traveloka, yaitu Tiket hanya memperoleh sekitar 1,95 juta
kunjungan melalui desktop pada bulan yang sama. Kembali ke bulan November,
Traveloka mengklaim bahwa ia memperoleh sekitar 250.000 kunjungan setiap hari.
Apabila data itu memang benar, artinya jumlah pengunjung Traveloka yang
mengakses melalui desktop dan mobile bisa mencapai 7,5 juta kunjungan setiap
bulan.
Strategi
pemasaran Traveloka adalah dengan mengedepankan kebutuhan masyarakat akan
informasi khususnya mengenai tiket berbagai macam maskapai di Indonesia serta
merupakan fasilitas untuk pembelian tiket secara online dari berbagai maskapai.
Konsumen tidak perlu mencari harga tiket dari setiap maskapai penerbangan melalui
agen perjalanan, menghubungi langsung customer service maskapai, atau membuka
satu per satu situs dari setiap maskapai penerbangan. Traveloka melayani
pemesanan tiket dari 17 maskapai diantaranya adalah Garuda Indonesia, Citilink,
Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, Kalstar, Jetstar, dsb untuk
lebih dari 5.769 rute di Asia-Pasifik. Traveloka juga memberikan kemudahan cara
pembayaran yang aman melalui ATM/transfer, kartu kredit, internet banking, sms
banking, dan mobile banking.
Produk dan Layanan
Traveloka
merupakan situs yang berasal dari perusahaan teknologi penyedia layanan booking
online tiket pesawat dan hotel yang melengkapi layanannya dengan menambahkan
pilihan asuransi perjalanan untuk tiket pesawat dan hotel. Sejak tanggal 8
Desember 2015, asuransi perjalanan ini sudah bisa didapatkan melalui situs
Traveloka versi desktop dan mobile web, hanya dengan menandai tanda setuju pada
kotak dialog asuransi perjalanan di halaman pemesanan. Biaya yang dikenakan
bagi seluruh konsumen mulai dari Rp12.500 hingga Rp52.500, pelanggan Traveloka
sudah terlindungi dari resiko keterlambatan bagasi, penundaan perjalanan,
pembatalan perjalanan, tertinggal penerbangan lanjutan, kehilangan reservasi
kamar hotel, dan kecelakaan diri dengan asuransi hingga Rp. 300.000.000.
Penambahan
opsi asuransi perjalanan merupakan salah satu wujud komitmen yang untuk
memberikan produk dan layanan terbaik demi kenyamanan dan keamanan seluruh
pelanggan Traveloka. Hal ini diharapkan agar pelanggan Traveloka mendapatkan
ketenangan saat melakukan perjalanan, ke mana pun tujuannya.
Sumber : https://www.traveloka.com/
Saya salah kirim ke PT TRINUSA TRAVELINDO ,gimana cara abil uang saya lagi ya? Bantu dong
BalasHapusDari BCA atas nama :pegi Pragi jasmayani,no rekening:0070430487 bantu ya kembalikan uang nya ke sini🙏🙏
Menjadi lebih baik namu uang komsumen di tahan tahan dengan ribuan alasan!!!!
BalasHapusSaya salah kirim ke PT TRINUSA TRAVELINDO gimana cara ambil uang saya sejumlah 1.160.000 mohon no hp saya 085368688702
BalasHapus