PT Trinusa Travelindo(Traveloka)
Nama
: 1. Alicia Oksiany (50414844)
2.
Maghfira Zahra Sani (56414307)
3. Regita Indah .D. (59414006)
Kelas : 4IA20
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis nformatika
Dosen :
Natalios Peter Sipasulta
Traveloka
Profile
Perusahaan
Traveloka adalah perusahaan yang
menyediakan layanan pemesanan tiket peswat dan hotel secara online dengan fokus
perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di
Jakarta.
Nama
Perusahaan : PT Trinusa Travelindo
Alamat Perusahaan : Grand Slipi Tower Lt. 39 Unit G
Jl Letjend. S. Parman Kav. 22-24, Jakarta 11480, Indonesia.
Nama domain : www.traveloka.com
SIUP :
5725/2013
NPWP :
31.616.320.3-031.000
,
Visi dan Misi Perusahaan
Visi :
1.
Menjadikan
traveling lebih mudah, cepat, dan menyenangkan melalui teknologi
2.
Menjadi
salah satu perusahaan Biro Perjalanan Wisata (Agen Perjalanan) terbaik di
Indonesia.
3.
Berkontribusi
didalam meningkatkan industri pariwisata dan transportasi/perjalanan di
Indonesia.
Misi :
1.
Selalu
menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik.
2.
Memberikan
kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan.
3.
Secara
terus menerus meningkatkan kemampuan SDM dan infrastuktur perusahaan sehingga
dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya.
4.
Menjalin
dan meningkatkan kerja sama dengan semua mitra usaha, baik domestik dan
International.
Sejarah Traveloka
Perusahaan didirikan pada tahun 2012
oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka
berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari
berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah
menjadi situs reservasi tket pesawat dimana pengguna dapat melakukan pemesanan
di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa
Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli
2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka. Selanjutnya Traveloka melayani lebih dari
18.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik.
Sumber Daya Manusia
Setiap perusahaan mempunyai struktur
organisasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan jenis usaha yang
dijalankan. Struktur organisasi dalam suatu perusahaan memiliki peranan yang
penting dalam menjalankan aktivitas perusahaan, karena dengan adanya struktur
organisasi yang baik maka fungsi – fungsi manajemen dapat dijalankan dengan
baik, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai dengan visi dan misi.
Struktur organisasi perusahaan
berguna untuk mengetahui tugas, tanggung jawab dan wewenang setiap unit kerja,
maka setiap divisi harus benar-benar berkompen dalam menjalankan tugas dan
tanggung jawabnya. Berikut ini merupakan struktur organisasi tour & travel.
Struktur Perusahaan Traveloka
Berdasarkan bagan struktur organisasi
dari traveloka, maka tanggung jawab dan wewenang masing – masing jabatan dapat
diuraikan sebagai berikut :
A.
Presiden
Direktur
- Memutuskan
dan menetukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan. Memimpin perusahaan
dengan membuat kebijakan – kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan
perusahaan.
- Mengawasi
dan mengendalikan perusahaan.
B.
General
Managare
- Mengawasi
dan menjalankan kegiatan perusahaan dengan anggaran yang dimiliki.
- Menjadi
perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategti.
C.
Managare
Acciunting
- Membuat
laporan keuangan.
- Mengatur
alur kas.
D.
Managare
Marketing
- Menjalin
relasi dengan konsumen.
- Membimbing
dan membina karyawan dibagian pemasaran.
- Melakukan
planning dan analisis pemasaran.
E.
Managare
Personalia
- Membantu
General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusahaan.
- Melayani
dalam proses perekrutan.
- Mengawasi
dan evaluasi kinerja.
F.
Sales
Tour And Travel
- Melayani
feedback konsumen.
- Memantau
kompetitor.
- Menawarkan
dan mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen.
- Menjual
produk dan jasa Parawisata.
G.
Ticketing
- Menjaga
dan memantau stock.
- Menjalankan
segala kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket.
H.
Masenger
- Memproses
data dan pengiriman tiket.
- Bekerjasama
dengan ticketing.
Sumber Daya IT Traveloka
Dari flowchart diatas perusahaan
membaginya dalam tiga bagian yang mana searah vertical sebagai berikut :
-
User : Customer,data
user, data id, tiket, cetak transaksi
-
Admin: Input, database,
pemrosesan, cetak laporan, penerimaan kas
-
Marketing : Multi
laporan, pengembangan usaha
Strategi Pemasaran
Traveloka
1. Price
1. Price
Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi
mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai
penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya
operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka
juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian
tiket. Dan terdapat biaya tambahan yang dikenakan bagi seluruh konsumen mulai
dari Rp12.500 hingga Rp52.500, pelanggan Traveloka sudah terlindungi dari
resiko keterlambatan bagasi, penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan,
tertinggal penerbangan lanjutan, kehilangan reservasi kamar hotel, dan
kecelakaan diri dengan asuransi hingga Rp. 300.000.000.
2. Product
Traveloka adalah layanan jual beli tiket
pesawat, kereta api dan hotel secara online. Dalam laman resminya yakni
http://www.traveloka.com. Mengatakan bahwa traveloka adalah system reservasi
tiket yang terintegrasi dengan booking system dari airline itu sendiri, melalui
partner-partner yang sudah di percaya. Dengan memberikan keamanan trasaksi
tiket serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui
pemesanan manual.
Traveloka bekerjasama dengan travel agent resmi
maskapai-maskapai yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui
http://www.traveloka.com/ . hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan
pemesanan tiket dan hotel mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta
kenyamanan dan keamanan yang terjamin.
Maskapai-maskapai yang bekerjasama dengan
traveloka dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah : Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia.
Tiger Air, dll. Traveloka juga menyediakan fasilitas untuk menampilkan maskapai
dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo, yakni tiket yang di jual
mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing
maskapai penerbangan.
3. Promotion
Cara promosi yang dilakukan oleh traveloka antara lain, adalah melalui media social, iklan di tv dan pembagian kupon diskon. Media social yang digunakannya antara lain adalah facebook, twiiter, dan website. Iklannya sendiri pun sudah banyak kita lihat di tv. Kita tahu sendiri kalau biaya untuk beriklan di televisi sangatlah mahal. Mungkin karena visi dari Traveloka yang sangat yakin kalau langkah yang diambilnya itu pasti sepadan dengan apa yang nanti didapatkan. Apabila beriklan di televisi, pasti akan dilihat oleh banyak orang. Dengan dilihat oleh banyak orang, maka akan dikenal oleh orang-orang.
Dalam dunia
marketing modern, mengeluarkan budget untuk iklan adalah hal yang biasa bagi
yang punya modal. Prinsip marketing, mengeluarkan biaya memang diperlukan —
guna memperoleh pendapatan yang lebih besar. Istilahnya adalah input harus
lebih besar daripada output.
4. Place
Berhubung
Traveloka adalah agent pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan cara online.
Maka tempat berinteraksinya antara produsen dengan konsumen adalah melalui
internet dan Business to Customer (B2C). Dimana Traveloka ini, beriklan
diberbagai media social dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian kegiatan
pemesanan dilakukan melalui internet. Berikut tampilan website traveloka :4. Place
Traveloka
sangat menikmati struktur transaksi business-to-consumer (B2C), dimana
rata-rata transaksi lebih dari USD50 (Rp650.000) dan tidak memerlukan saham
atau menyimpan benda fisik apa pun. Karena inilah Traveloka bisa dengan mudah
terbebas dari bahaya logistik yang menghantui industri e-commerce di Asia
Tenggara.
5. People
Ferry
Unardi, pendiri sekaligus Managing Director Traveloka.com. Ferry mendirikan
situs ini lantaran pernah kesulitan mencari tiket pesawat. Awalnya, Ferry hanya
dibantu dua rekannya yang pernah bekerja di Microsoft. Modalnya diperoleh dari
East Venture, perusahaan investasi yang fokus pada pendanaan merintis usaha
baru. Pada tahap pengembangan, ia mendapat bantuan dari Samwer Brothers yang
memiliki jaringan startup Rocket Internet. Dalam waktu enam bulan, karyawannya
menjadi lima. Mereka menempati satu unit ruko. Karena bisnisnya terus
bertumbuh, Traveloka kemudian berkantor di salah satu gedung perkantoran di
Slipi, Jakarta Barat. Saat itu, jumlah Karyawannya telah bertambah menjadi 30
orang. Setahun setelah didirikan, Traveloka punya 120 pegawai.
6. Physical Environment
Physical
Environment yang ditunjukkan oleh Traveloka sangat baik, hal itu dapat
disimpulkan bahwa sebanyak 250.000 kunjungan ke website dilakukan perharinya.
Sehingga, selama sebulan website Traveloka telah dikunjungi oleh 7,5 juta
pengunjung. Baik itu dari desktop maupun smartphone. Memasuki pertengahan 2017
ini, jumlah pengunduh aplikasi Traveloka berhasil meningkat hingga 50 persen.
Bila tahun lalu baru diunduh sebanyak 10 juta, saat ini sudah mencapai 15 juta
pengunduh, di mana mayoritasnya merupakan pengguna aktif. Ini menunjukkan bahwa
Traveloka telah menjadi suatu icon dari agen pemesanan tiket pesawat dan hotel
yang besar dan terpercaya. Hal tersebut tidak luput karena pengembangan
teknologi, bisnis, serta design interface website yang dikerjakan dengan
sungguh-sungguh.
Dan
begitulah seharusnya. Apapun itu, pasti memerlukan modal. Meskipun tak selalu
berbentuk uang. Bisa saja modal berupa tenaga, waktu, pikiran, skill dan lain
sebagainya.
Produk dan Layanan
Traveloka adalah
salah satu travel agent online. Baik tiket hotel,pesawat dan kereta. Traveloka
sendiri memiliki 2 platform yaitu berbasis web atau dapat diakses melalui PC
dan adapula yang berbasis aplikasi yang dapat digunakan pada gadget yang
memiliki OS(Operating System) Android. Traveloka memiliki beberapa kelebihan
dibanding travel agent online sejenis salah satunya adalah Lebih Murah karena
tidak dibebankan harga Booking dan Service Fee pada setiap
pemesanan tiket, Lebih Mudah karena ada banyak metode pembayaran pesanan yang
dapat dibilih sesuai keinginan
Pemesanan tiket pesawat :
Pemesanan tiket hotel :
Pemesanan tiket kereta api :
Cara
Pembayaran
Pertama masuk pada situs resmi
traveloka untuk melakukan booking tiket. Setelah anda mendapatkan daftar harga
dan nama maskapai atau travel dengan jam keberangkatan, klik pesan pada
maskapai yang dipilih. Setelah anda mengklik tombol pesan dilanjutkan dengan
pengisian form id. Pastikan info id terisi dengan lengkap. Jika no kontak sudah
anda isi dengan benar maka tahap selanjutnya pilihlah metode pembayaran.
Traveloka menyediakan metode pembayaran kartu kredit, transfer&atm, direct debit
atau alfamart&indormaret.
Terdapat pula
fitur refund dan re-schedule yang dapat lebih
mempermudah Customer apabila akan membatalkan atau mengatur ulang
detail mengenai pemesanan tiket. Untuk refund sendiri adalah fitur yang dapat
digunakan oleh Customer untuk membatalkan pemesanan tiket dan
mengambil kembali uang yang telah dikirimkan. Sedangkan untuk re-schedule
adalah fitur untuk mengganti beberapa detail pemesanan tiket misalnya mengganti
tanggal yang tertera pada pemesanan tiket. Selain itu sistem online yang
diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga
tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5%
dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.
Menginput
data CS
Data diproses Feedback dikirim ke CS.
Data diproses bagian reservasi dan
dikelola sebagai bukti kas.
Sistem Penggajian
Menurut id.jobplanet.com
gaji yang diterima oleh karyawan traveloka sesuai dengan masing-masing jabatan.
Dapat dilihat dalam table berikut ini :
Pekerjaan | Gaji rata-rata |
IT
/ Internet
Division Manager |
35,88 Juta/Bulan
|
Marketing
Assistant Manager/Junior Manager |
12,30 Juta/Bulan
|
IT
/ Internet
Assistant Manager/Junior Manager |
9,74 Juta/Bulan
|
Sales
Assistant Manager/Junior Manager |
8,20 Juta/Bulan
|
Management
Product / QC
Intern / Magang |
4,10 Juta/Bulan
|
Business
Development / Consultant
Staff/Executive/Officer |
6,71 Juta/Bulan
|
Desain
Staff/Executive/Officer |
8,00 Juta/Bulan
|
HR
/ Admin
Staff/Executive/Officer |
3,19 Juta/Bulan
|
Finance
/ Akunting
Staff/Executive/Officer |
4,96 Juta/Bulan
|
Business
Development / Consultant
Manager |
29,13 Juta/Bulan
|
IT
/ Internet
Manager |
28,00 Juta/Bulan
|
Finance
/ Akunting
Specialist |
15,12 Juta/Bulan
|
Desain
Specialist |
13,90 Juta/Bulan
|
Customer
Service / Pelayanan
Staff/Executive/Officer |
4,23 Juta/Bulan
|
Perbandingan dengan Perusahaan Lain
Pada survey yang dilakukan Nusaresearch ternyata
website Traveloka lebih sering dikunjungi oleh konsumen dibandingkan website
Tiket.com. Berikut disajikan hasil survey yang dilakukan oleh Nusaresearch:
Perbandingan Situs Traveloka dengan Situs Sejenis Lainnya
Sumber : https://dailysocial.id/post/traveloka-populer-survei-nusaresearch
Analisa SWOT
a.
Strength
- Berbasis
aplikasi mobile, sehingga Traveloka mudah untuk diakses dan digunakan oleh
masyarakat dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke bandara .
- Selain
itu masyarakat/pengguna juga dapat melihat informasi-informasi harga pesawat
dan hotel dengan mudah setiap saat dengan mudah.
- Harga-harga
yang ada di traveloka juga lebih murah dan menjangkau masyarakat .
selain itu juga banyak pilihan harga sesuai dengan keingginan penggunanya.
- Marketing
budget yang wow!
- Karena
bekerjasama dengan berbagai jenis maskapai penerbangan dan hotel. Sehingga
memudahkan masyarakat/pengguna untuk memilih maskapai penerbangan sesuai dengan
keinginan mereka.
- Traveloka
juga menyediakan berbagai informasi seperti, harga tiket, jenis maskapai, waktu
penerbangan, tiket promo, berat bagasi setiap pesawat dengan akurat. Sehingga
masyarakat/pengguna dapat memesan pesawat/hotel sesuai dengan kondisi
keuangannya dan merencanakan keberangkatannya.
- Menampilkan
banyak pilihan mulai dari harga, tempat, waktu dll
- Online
travel agent terbesar dan terpercaya yang bekerja sama dengan banyak airline
dan hotel dalam menghadirkan promo dan harga khusus tiap harinya
- Memiliki
hasil pencarian yang lengkap
- Menampilkan
informasi dari setiap pilihan yang ada
- Smart
Algorithm, dimana berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama
perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai dan lain sebagainya sesuai dengan
teknologi terbaru.
b.
Weakness
- Kepercayaan
masyarakat akan transaksi online masih kurang, sehingga banyak masyarakat masih
menggunakan layanan pemesanan
tiket pesawat secara manual.
- Tidak
semua orang bisa menggunakan Teknologi/ gagap teknologi atau aplikasi mobile.
- Harga
tiket yang ditampilkan hanya merupakan harga tiket pesawat dan hotel, belum
memberikan informasi untuk semua travel yang ada (contohnya seperti pemesanan
tiket kereta api ataupun pemesanan tiket kapal laut).
c.
Opportunity
- Karena
keperluan masayrakat untuk berpergian ke suatu tempat tertentu terus meningkat
setiap saat dengan berbagai keperluan seperti pulang kampung, liburan,
berbisnis. Menjadikan traveloka sebagai salah satu aplikasi yang banyak
digunakan ,karena mudah,cepat,terpecaya , dimanapun dan kapanpun bisa di akses.
- Informasi
yang ditampilkan up to date, sehingga
orang-orang yang selalu mengunjungi Traveloka apabila ingin memesan tiket
pesawat ataupun kamar hotel
- Menampilkan
harga tiket pesawat dan kamar hotel mulai dari yang termurah hingga yang
termahal sehingga orang-orang dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing.
d.
Threat
- Mulai
muncul aplikasi-aplikasi yang serupa dengan campaign
yang lebih menarik, seperti tiket.com, nusatrip, pegipegi, utiket,
tiket2, airpaz, ezytravel , dll. Sehingga traveloka harus memutar otak untuk
memikirkan ide-ide kreatif untuk publikasi dan bagaimana caranya untuk bersaing
dengan yang lain.
Sumber :
-
http://www.beritasatu.com/digital-life/433988-aplikasi-traveloka-tembus-15-juta-pengunduh.html
bagaimana caranya pengembalian uang bila terlanjur mentransfer sejumlah uang untuk pembelian tiket?
BalasHapuskami tadi pukul 12.43 telah menstanster Rp316.478,00 untuk pembayaran pembelian tiket pesawat lion air jurusan Semarang - Jakarta penerbangan hari Senin tgl 3 September pukul 18.35..
Hallohh
BalasHapusSaya juga ingin melakukan transaksi jadi skrg saya sedang menunggu waktu dengan batas maks 2 jam lagi ,nah jadi saya butuh kepastian apa yang harus dilakukan setelah melakukan pembayaran DAN SAYA TIDAK MAU TERJADINYA " HAL HAL YG TUDAK DIINGINKAN "
BalasHapusSalam sukses
BalasHapusMohon bantuan pagi tadi saya boking tiket dan sudah tranfer uang tapi sampai siang belum ada konfir setelah dicek kembali ternyata waktu transfer uang tidak sesuai dengan nominal yg diminta. Seharusnya 1.511.999 yang dikirim 1.512.000.
Terpaksa saya boking baru untuk bisa kembali di daerah. Bagaimana caranya agar uangku bisa dikembalikan? Trima kasih
Terima kasih atas informasinya, ini valid gak yah ?
BalasHapusBoleh minta contact person nya boss
BalasHapusSemoga repund ticket saya, batik air ID-6257 an. Muhammad Fadli. No.transaksi 527548661. No. Booking YKQYYB. tgl.14-9-2019. Force Majurre. Samarinda-Jakarta.Transper saya ke rek.no.0849991100 PT.TRINUSA TRAVELINDO.Tksh.
BalasHapusSemoga repund ticket saya, batik air ID-6257 an. Muhammad Fadli. No.transaksi 527548661. No. Booking YKQYYB. tgl.14-9-2019. Force Majurre. Samarinda-Jakarta.Transper saya ke rek.no.0849991100 PT.TRINUSA TRAVELINDO.Tksh.
BalasHapusHallo traveloka saya rencana mau buka agen travel gmn cara nya supaya saya bs jd reseler di traveloka
BalasHapusHalo traveloka, sy sdh booking tiket dan e-tiketnya sdh terbit/ sdh dikirim tp no bookingnya blum dikirim
BalasHapusUntuk penerbangan ke makasar, pd hr rabu tgl 11/03-2020 jam 06-05 menggunakan citylink
Tlng pencerahannya🙏
Saya a/n udjang siswanto salah transfer uang ke pt Trinusa Travelindo sebesar Rp 1.020.000 apakah uang bisa di kembalikan ke rekening saya pribadi
BalasHapusSaya sudah transfer uang ke pt Trinusa travelindp debesar Rp 1.722.609 dr mandiri ke bca tapi no tiket bookingan belum/tidak keluar untuk penerbangan Batik air jurusan surabaya me Jakarta tg 15 maret 2020 jam 10.00 mhm penjelasan nya tks
BalasHapusApakah uangnya bisa dikembali kan ke rekening saya
BalasHapusSaya tadi membayar tagihan pay tren dari bank sulselbar trf ke rek bank mandiri trinusa travelindo tp saya salah bayar harusx 670.758 tp saya bayar 760.758 bagaimana cara mengembalikan dana saya... apakah ada no yg bisa saya hub
BalasHapusSaya mau repund tiket pesawat...nomer kontak yg bs saya hubungi brp ya
BalasHapussaya sangat kecewa dengan traveloka.saya memiliki 2 bh pesanan no.58286110 dan 582869009 pesanan ini saya beli sewaktu ada pameran di sby. discount potongan menggunakan kartu kredit mandiri. saat itu saya tdk mempunyai kartu mandiri. dan saya dibantu oleh petugas bank mandiri menggunakan kartu kreditnya dia,saya membayar uang cash ke petugas tersebut untuk pembelian 2 pesanan hotel di bulan mei ini. tapi karna adanya pandemi yang menyebabkan kami tidak bisa berangkat ke bali karna seluruh jalur darat dan udara ditutup s/d tgl 1 juni,jd terpaksa kami mau membatalkan pesanan ini.dan saya sdh minta tolong via email kalau jangan dikembalikan ke kartu mandiri tsb.pasti uang saya akan hilang
BalasHapuskarna saya nggak punya kontak org tsb.dan saya berniat meminta reschedule tanggal keberangkatan.tetapi pihak traveloka tdk mau membantu kmi.ini menyebabkan kerugian kami senilai 6.5jt.saya mohon pertangung jawaban pihak traveloka.bs mengembalikan uang saya tersebut atau membantu reschedule jadwal check in.
Saya mengajukan refund tetapi dikembalikan dengan voucher travel credit. Yang saya pertanyakan adalah kenapa dana yang dikembalikan hanya 2 penumpang (suami saya dan anak saya). Trus punya saya kemana ?
BalasHapusSaya salah transfer apa kh uang bisa balik
BalasHapusHallo saya pesan tiket tanggal 25 Desember 2020 ke Silangit An. Erwin Timbul P. Manalu dan Dominic Jeremy Manalu tolong an. DOMINC JEREMY MANALU digeser keberangkatannya tanggal 19 Nopember 2020 bisa tdk tks No WA saya : 088977274073
BalasHapusSaya pesan tiket Batam ke Lampung. Tanggal 21 Desember 2020. Dan udh saya transfer tapi blm dapai kode boking. Ada solusinya mohon penjelasanya dari trefeloka. Ini no hp saya 081267089986
BalasHapusSy mau tanya. Etiket dikirim di emali setelah 1 jam pembayaran kan? Tapi diemail sy belum ada konfirmasinya padahal sudah lewat dari 1 jam.
BalasHapusHarap informasinya🙏
Selamat pagi saya candra arif saya ingin membatalkan pesanan tanggal 18-06-2021 karena salah alamat transfer
BalasHapusSelamat sore saya Abdullah Sani kemarin malam tgl 23 saya pesan kamar hotel di Marcopollo Bandar Lampung 2 kamar dan sudah melakukan pembayaran ada bukti sudah membayar,trs sore tgl 24 ini saya salah ketik transfer ke no rek Trinusa Travelindo lagi mohon solusi nya untuk mengembalikan uang yg saya salah transfer tadi saya menggunakan email abdullahsani742@gmail.com
BalasHapusSelamat Sore , saya pesan tiket untuk tanggal 17 januari 2022, an. Daud, dari Silangit tujuan jakarta, saya mau di di pindah ke tgl 11 jan 2022, apakah bisa?.
BalasHapusMohon di bantu, tks.
WA saya : 081519445011
Sy SDH beli tiket TPI blum dapat e tiket
BalasHapusSy SDH melakukan pembayaran TPI blum dpt tiket
BalasHapus