TRAVELOKA


Nama             : Alicia Oksiany
NPM              : 50414844
Kelas              : 4IA20
Mata Kuliah   : Pengantar Bisnis Informatika



Profile Perusahaan
Traveloka adalah perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan pencarian dan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online. Dengan teknologi Traveloka, Anda dapat menemukan rute penerbangan dan hotel terbaik secara cepat, aman, dengan harga termurah tanpa tambahan biaya apapun.


Visi dan Misi Perusahaan
Visi :
1.      Menjadikan traveling lebih mudah, cepat, dan menyenangkan melalui teknologi 
2.      Menjadi salah satu perusahaan Biro Perjalanan Wisata (Agen Perjalanan) terbaik di Indonesia.
3.      Berkontribusi didalam meningkatkan industri pariwisata dan transportasi/perjalanan di Indonesia.
Misi :
1.      Selalu menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik.
2.      Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan.
3.      Secara terus menerus meningkatkan kemampuan SDM dan infrastuktur perusahaan sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya.
4.      Menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan semua mitra usaha, baik domestik dan International.


Sejarah Traveloka
Perusahaan Traveloka didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Deniarto Kusuma, dan Albert. Pada awal konsepnya, Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat. Pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Selain itu, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka pada bulan Juli 2014.
Pada bulan November 2012, perusahaan Traveloka mengumumkan investasi tahap awal oleh East Venture. Pada bulan September 2013 perusahaan Traveloka mengumumkan investasi seri A oleh Global Founders Capital. Dana dari investasi digunakan untuk membangun layanan baru seperti pemesanan hotel dan paket wisata. Selanjutnya Traveloka melayani lebih dari 18.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik.


Tentang Traveloka
Traveloka adalah salah satu travel agent online. Baik tiket hotel,pesawat,kereta. Traveloka sendiri memiliki 2 platform yaitu berbasis web atau dapat diakses melalui PC dan adapula yang berbasis aplikasi yang dapat digunakan pada gadget yang memiliki OS(Operating System) Android. Traveloka memiliki beberapa kelebihan dibanding travel agent online sejenis salah satunya adalah Lebih Murah karena tidak dibebankan harga Booking dan Service Fee pada setiap pemesanan tiket, Lebih Mudah karena ada banyak metode pembayaran pesanan yang dapat dibilih sesuai keinginan, serta traveloka lebih terpercaya karena dalam sistemnya ketika kita sudah memesan tiket akan muncul waktu untuk pembayaran tiket tersebut apabila dalam waktu yang telah ditentukan pelanggan tidak melakukan pembayaran maka pesanan akan otomatis terblokir oleh sistem.


Tampilan Awal Website Traveloka

Terdapat pula fitur refund dan re-schedule yang dapat lebih mempermudah Customer apabila akan membatalkan atau mengatur ulang detail mengenai pemesanan tiket. Untuk refund sendiri adalah fitur yang dapat digunakan oleh Customer untuk membatalkan pemesanan tiket dan mengambil kembali uang yang telah dikirimkan. Sedangkan untuk re-schedule adalah fitur untuk mengganti beberapa detail pemesanan tiket misalnya mengganti tanggal yang tertera pada pemesanan tiket. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.
Ferry Unardi mengatakan bahwa perusahaannya sekarang memiliki lebih dari 270 karyawan, meningkat dari 120 karyawan pada bulan September tahun lalu. Pada bulan Maret, SimilarWeb mencatat bahwa jumlah pengunjung yang mengakses Traveloka melalui desktop diestimasi mencapai 3,95 juta kunjungan. Sebuah angka yang sangat impresif, tapi masih kalah jauh dengan estimasi seharusnya pada bulan Desember — saat perjalanan penerbangan sedang ramai-ramainya — yang mana ada sekitar 5,45 juta pengguna yang mengakses melalui desktop. Sebaliknya, kompetitor terdekat Traveloka, yaitu Tiket hanya memperoleh sekitar 1,95 juta kunjungan melalui desktop pada bulan yang sama. Kembali ke bulan November, Traveloka mengklaim bahwa ia memperoleh sekitar 250.000 kunjungan setiap hari. Apabila data itu memang benar, artinya jumlah pengunjung Traveloka yang mengakses melalui desktop dan mobile bisa mencapai 7,5 juta kunjungan setiap bulan.
Strategi pemasaran Traveloka adalah dengan mengedepankan kebutuhan masyarakat akan informasi khususnya mengenai tiket berbagai macam maskapai di Indonesia serta merupakan fasilitas untuk pembelian tiket secara online dari berbagai maskapai. Konsumen tidak perlu mencari harga tiket dari setiap maskapai penerbangan melalui agen perjalanan, menghubungi langsung customer service maskapai, atau membuka satu per satu situs dari setiap maskapai penerbangan. Traveloka melayani pemesanan tiket dari 17 maskapai diantaranya adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, Kalstar, Jetstar, dsb untuk lebih dari 5.769 rute di Asia-Pasifik. Traveloka juga memberikan kemudahan cara pembayaran yang aman melalui ATM/transfer, kartu kredit, internet banking, sms banking, dan mobile banking.

Produk dan Layanan
Traveloka merupakan situs yang berasal dari perusahaan teknologi penyedia layanan booking online tiket pesawat dan hotel yang melengkapi layanannya dengan menambahkan pilihan asuransi perjalanan untuk tiket pesawat dan hotel. Sejak tanggal 8 Desember 2015, asuransi perjalanan ini sudah bisa didapatkan melalui situs Traveloka versi desktop dan mobile web, hanya dengan menandai tanda setuju pada kotak dialog asuransi perjalanan di halaman pemesanan. Biaya yang dikenakan bagi seluruh konsumen mulai dari Rp12.500 hingga Rp52.500, pelanggan Traveloka sudah terlindungi dari resiko keterlambatan bagasi, penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, tertinggal penerbangan lanjutan, kehilangan reservasi kamar hotel, dan kecelakaan diri dengan asuransi hingga Rp. 300.000.000.
Penambahan opsi asuransi perjalanan merupakan salah satu wujud komitmen yang untuk memberikan produk dan layanan terbaik demi kenyamanan dan keamanan seluruh pelanggan Traveloka. Hal ini diharapkan agar pelanggan Traveloka mendapatkan ketenangan saat melakukan perjalanan, ke mana pun tujuannya.



Sumber :          https://www.traveloka.com/

Komentar

  1. Saya salah kirim ke PT TRINUSA TRAVELINDO ,gimana cara abil uang saya lagi ya? Bantu dong
    Dari BCA atas nama :pegi Pragi jasmayani,no rekening:0070430487 bantu ya kembalikan uang nya ke sini🙏🙏

    BalasHapus
  2. Menjadi lebih baik namu uang komsumen di tahan tahan dengan ribuan alasan!!!!

    BalasHapus
  3. Saya salah kirim ke PT TRINUSA TRAVELINDO gimana cara ambil uang saya sejumlah 1.160.000 mohon no hp saya 085368688702

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer