PT Trinusa Travelindo(Traveloka)

Nama               :  1. Alicia Oksiany (50414844)
                             2. Maghfira Zahra Sani (56414307)
                             3. Regita Indah .D. (59414006)
Kelas                 : 4IA20
Mata Kuliah      : Pengantar Bisnis nformatika
Dosen                : Natalios Peter Sipasulta


Traveloka

Profile Perusahaan
Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket peswat dan hotel secara online dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.

Nama Perusahaan        : PT Trinusa Travelindo
Alamat Perusahaan             : Grand Slipi Tower Lt. 39 Unit G Jl Letjend. S. Parman Kav. 22-24, Jakarta 11480,    Indonesia.
Nama domain                      : www.traveloka.com
SIUP                           : 5725/2013
 NPWP                         : 31.616.320.3-031.000 ,

Visi dan Misi Perusahaan
Visi :
1.      Menjadikan traveling lebih mudah, cepat, dan menyenangkan melalui teknologi 
2.      Menjadi salah satu perusahaan Biro Perjalanan Wisata (Agen Perjalanan) terbaik di Indonesia.
3.      Berkontribusi didalam meningkatkan industri pariwisata dan transportasi/perjalanan di Indonesia.
Misi :
1.      Selalu menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik.
2.      Memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pelanggan.
3.      Secara terus menerus meningkatkan kemampuan SDM dan infrastuktur perusahaan sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggannya.
4.      Menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan semua mitra usaha, baik domestik dan International.

Sejarah Traveloka
Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma dan Albert. Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tket pesawat dimana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka. Selanjutnya Traveloka melayani lebih dari 18.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik.

Sumber Daya Manusia
Setiap perusahaan mempunyai struktur organisasi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan jenis usaha yang dijalankan. Struktur organisasi dalam suatu perusahaan memiliki peranan yang penting dalam menjalankan aktivitas perusahaan, karena dengan adanya struktur organisasi yang baik maka fungsi – fungsi manajemen dapat dijalankan dengan baik, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai dengan visi dan misi.

Struktur organisasi perusahaan berguna untuk mengetahui tugas, tanggung jawab dan wewenang setiap unit kerja, maka setiap divisi harus benar-benar berkompen dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Berikut ini merupakan struktur organisasi tour & travel.


Struktur Perusahaan Traveloka


Berdasarkan bagan struktur organisasi dari traveloka, maka tanggung jawab dan wewenang masing – masing jabatan dapat diuraikan sebagai berikut :
A.    Presiden Direktur
-    Memutuskan dan menetukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan. Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan – kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan.
-    Mengawasi dan mengendalikan perusahaan.

B.     General Managare
-       Mengawasi dan menjalankan kegiatan perusahaan dengan anggaran yang dimiliki.
-       Menjadi perantara dalam mengkomunikasikan ide,gagasan dan strategti.

C.    Managare Acciunting
-    Membuat laporan keuangan.
-    Mengatur alur kas.

D.    Managare Marketing
-    Menjalin relasi dengan konsumen.
-    Membimbing dan membina karyawan dibagian pemasaran.
-    Melakukan planning dan analisis pemasaran.

E.     Managare Personalia
-    Membantu General Manager dalam perencanaan dan pengembangan perusahaan.
-    Melayani dalam proses perekrutan.
-    Mengawasi dan evaluasi kinerja.

F.     Sales Tour And Travel
-    Melayani feedback konsumen.
-    Memantau kompetitor.
-    Menawarkan dan mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen.
-    Menjual produk dan jasa Parawisata.

G.    Ticketing
-    Menjaga dan memantau stock.
-    Menjalankan segala kegiatan yang berkaitan dengan transaksi penjualan tiket.

H.    Masenger
-    Memproses data dan pengiriman tiket.
-    Bekerjasama dengan ticketing.


Sumber Daya IT Traveloka

Dari flowchart diatas perusahaan membaginya dalam tiga bagian yang mana searah vertical sebagai berikut :
-          User : Customer,data user, data id, tiket, cetak transaksi
-          Admin: Input, database, pemrosesan, cetak laporan, penerimaan kas
-          Marketing : Multi laporan, pengembangan usaha



Strategi Pemasaran Traveloka
1. Price
Traveloka adalah online travel agent terbesar di Indonesia jadi mereka bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga khusus dari pihak maskapai penerbangan. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket. Dan terdapat biaya tambahan yang dikenakan bagi seluruh konsumen mulai dari Rp12.500 hingga Rp52.500, pelanggan Traveloka sudah terlindungi dari resiko keterlambatan bagasi, penundaan perjalanan, pembatalan perjalanan, tertinggal penerbangan lanjutan, kehilangan reservasi kamar hotel, dan kecelakaan diri dengan asuransi hingga Rp. 300.000.000.


2. Product
Traveloka adalah layanan jual beli tiket pesawat, kereta api dan hotel secara online. Dalam laman resminya yakni http://www.traveloka.com. Mengatakan bahwa traveloka adalah system reservasi tiket yang terintegrasi dengan booking system dari airline itu sendiri, melalui partner-partner yang sudah di percaya. Dengan memberikan keamanan trasaksi tiket serta kemudahan pemesanan melalui sistem otomatis, tanpa harus melalui pemesanan manual.

Traveloka bekerjasama dengan travel agent resmi maskapai-maskapai yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui http://www.traveloka.com/ . hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket dan hotel mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin.

Maskapai-maskapai yang bekerjasama dengan traveloka dalam menerbitkan tiketnya diantaranya adalah : Merpati, Garuda, Lion Air, Air Asia. Tiger Air, dll. Traveloka juga menyediakan fasilitas untuk menampilkan maskapai dan rute penerbangan yang sedang dalam harga promo, yakni tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing maskapai penerbangan.







3. Promotion

Cara promosi yang dilakukan oleh traveloka antara lain, adalah melalui media social, iklan di tv dan pembagian kupon diskon. Media social yang digunakannya antara lain adalah facebook, twiiter, dan website. Iklannya sendiri pun sudah banyak kita lihat di tv. Kita tahu sendiri kalau biaya untuk beriklan di televisi sangatlah mahal. Mungkin karena visi dari Traveloka yang sangat yakin kalau langkah yang diambilnya itu pasti sepadan dengan apa yang nanti didapatkan. Apabila beriklan di televisi, pasti akan dilihat oleh banyak orang. Dengan dilihat oleh banyak orang, maka akan dikenal oleh orang-orang.

Dalam dunia marketing modern, mengeluarkan budget untuk iklan adalah hal yang biasa bagi yang punya modal. Prinsip marketing, mengeluarkan biaya memang diperlukan — guna memperoleh pendapatan yang lebih besar. Istilahnya adalah input harus lebih besar daripada output.

4. Place
Berhubung Traveloka adalah agent pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan cara online. Maka tempat berinteraksinya antara produsen dengan konsumen adalah melalui internet dan Business to Customer (B2C). Dimana Traveloka ini, beriklan diberbagai media social dan websitenya. Selain itu, seluruh rangkaian kegiatan pemesanan dilakukan melalui internet. Berikut tampilan website traveloka :

Traveloka sangat menikmati struktur transaksi business-to-consumer (B2C), dimana rata-rata transaksi lebih dari USD50 (Rp650.000) dan tidak memerlukan saham atau menyimpan benda fisik apa pun. Karena inilah Traveloka bisa dengan mudah terbebas dari bahaya logistik yang menghantui industri e-commerce di Asia Tenggara.

5. People
Ferry Unardi, pendiri sekaligus Managing Director Traveloka.com. Ferry mendirikan situs ini lantaran pernah kesulitan mencari tiket pesawat. Awalnya, Ferry hanya dibantu dua rekannya yang pernah bekerja di Microsoft. Modalnya diperoleh dari East Venture, perusahaan investasi yang fokus pada pendanaan merintis usaha baru. Pada tahap pengembangan, ia mendapat bantuan dari Samwer Brothers yang memiliki jaringan startup Rocket Internet. Dalam waktu enam bulan, karyawannya menjadi lima. Mereka menempati satu unit ruko. Karena bisnisnya terus bertumbuh, Traveloka kemudian berkantor di salah satu gedung perkantoran di Slipi, Jakarta Barat. Saat itu, jumlah Karyawannya telah bertambah menjadi 30 orang. Setahun setelah didirikan, Traveloka punya 120 pegawai.

6. Physical Environment
Physical Environment yang ditunjukkan oleh Traveloka sangat baik, hal itu dapat disimpulkan bahwa sebanyak 250.000 kunjungan ke website dilakukan perharinya. Sehingga, selama sebulan website Traveloka telah dikunjungi oleh 7,5 juta pengunjung. Baik itu dari desktop maupun smartphone. Memasuki pertengahan 2017 ini, jumlah pengunduh aplikasi Traveloka berhasil meningkat hingga 50 persen. Bila tahun lalu baru diunduh sebanyak 10 juta, saat ini sudah mencapai 15 juta pengunduh, di mana mayoritasnya merupakan pengguna aktif. Ini menunjukkan bahwa Traveloka telah menjadi suatu icon dari agen pemesanan tiket pesawat dan hotel yang besar dan terpercaya. Hal tersebut tidak luput karena pengembangan teknologi, bisnis, serta design interface website yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Dan begitulah seharusnya. Apapun itu, pasti memerlukan modal. Meskipun tak selalu berbentuk uang. Bisa saja modal berupa tenaga, waktu, pikiran, skill dan lain sebagainya.


Produk dan Layanan
Traveloka adalah salah satu travel agent online. Baik tiket hotel,pesawat dan kereta. Traveloka sendiri memiliki 2 platform yaitu berbasis web atau dapat diakses melalui PC dan adapula yang berbasis aplikasi yang dapat digunakan pada gadget yang memiliki OS(Operating System) Android. Traveloka memiliki beberapa kelebihan dibanding travel agent online sejenis salah satunya adalah Lebih Murah karena tidak dibebankan harga Booking dan Service Fee pada setiap pemesanan tiket, Lebih Mudah karena ada banyak metode pembayaran pesanan yang dapat dibilih sesuai keinginan

Pemesanan tiket pesawat :


Pemesanan tiket hotel :

Pemesanan tiket kereta api :


Cara Pembayaran
Pertama masuk pada situs resmi traveloka untuk melakukan booking tiket. Setelah anda mendapatkan daftar harga dan nama maskapai atau travel dengan jam keberangkatan, klik pesan pada maskapai yang dipilih. Setelah anda mengklik tombol pesan dilanjutkan dengan pengisian form id. Pastikan info id terisi dengan lengkap. Jika no kontak sudah anda isi dengan benar maka tahap selanjutnya pilihlah metode pembayaran. Traveloka menyediakan metode pembayaran kartu kredit, transfer&atm, direct debit atau alfamart&indormaret.

Terdapat pula fitur refund dan re-schedule yang dapat lebih mempermudah Customer apabila akan membatalkan atau mengatur ulang detail mengenai pemesanan tiket. Untuk refund sendiri adalah fitur yang dapat digunakan oleh Customer untuk membatalkan pemesanan tiket dan mengambil kembali uang yang telah dikirimkan. Sedangkan untuk re-schedule adalah fitur untuk mengganti beberapa detail pemesanan tiket misalnya mengganti tanggal yang tertera pada pemesanan tiket. Selain itu sistem online yang diterapkan sangatlah menghemat biaya operasional sehingga dapat menekan harga tiket pesawat. Selain itu, Traveloka juga mendapatkan keuntungan sebanyak 5% dari maskapai untuk setiap pembelian tiket.

Menginput data CS
Data diproses Feedback dikirim ke CS.
Data diproses bagian reservasi dan dikelola sebagai bukti kas.

Sistem Penggajian
Menurut id.jobplanet.com gaji yang diterima oleh karyawan traveloka sesuai dengan masing-masing jabatan. Dapat dilihat dalam table berikut ini :

Pekerjaan Gaji rata-rata
IT / Internet
Division Manager
35,88 Juta/Bulan
Marketing
Assistant Manager/Junior Manager
12,30 Juta/Bulan
IT / Internet
Assistant Manager/Junior Manager
      9,74 Juta/Bulan
Sales
Assistant Manager/Junior Manager
8,20 Juta/Bulan
Management Product / QC
Intern / Magang
      4,10 Juta/Bulan
Business Development / Consultant
Staff/Executive/Officer
6,71 Juta/Bulan
Desain
Staff/Executive/Officer
8,00 Juta/Bulan
HR / Admin
Staff/Executive/Officer
3,19 Juta/Bulan
Finance / Akunting
Staff/Executive/Officer
4,96 Juta/Bulan
Business Development / Consultant
Manager
      29,13 Juta/Bulan
IT / Internet
Manager
28,00 Juta/Bulan
Finance / Akunting
Specialist
15,12 Juta/Bulan
Desain
Specialist
      13,90 Juta/Bulan
Customer Service / Pelayanan
Staff/Executive/Officer
4,23 Juta/Bulan



Perbandingan dengan Perusahaan Lain
Pada survey yang dilakukan Nusaresearch ternyata website Traveloka lebih sering dikunjungi oleh konsumen dibandingkan website Tiket.com. Berikut disajikan hasil survey yang dilakukan oleh Nusaresearch:

Perbandingan Situs Traveloka dengan Situs Sejenis Lainnya
Sumber : https://dailysocial.id/post/traveloka-populer-survei-nusaresearch



Analisa SWOT
a.      Strength
-    Berbasis aplikasi mobile, sehingga Traveloka mudah untuk diakses dan digunakan oleh masyarakat dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke bandara .
-    Selain itu masyarakat/pengguna juga dapat melihat informasi-informasi harga pesawat dan hotel dengan mudah setiap saat dengan mudah.
-    Harga-harga yang ada di traveloka  juga lebih murah dan menjangkau masyarakat . selain itu juga banyak pilihan harga sesuai dengan keingginan penggunanya.
-    Marketing budget yang wow!
-    Karena bekerjasama dengan berbagai jenis maskapai penerbangan dan hotel. Sehingga memudahkan masyarakat/pengguna untuk memilih maskapai penerbangan sesuai dengan keinginan mereka.
-    Traveloka juga menyediakan berbagai informasi seperti, harga tiket, jenis maskapai, waktu penerbangan, tiket promo, berat bagasi setiap pesawat dengan akurat. Sehingga masyarakat/pengguna dapat memesan pesawat/hotel sesuai dengan kondisi keuangannya dan merencanakan keberangkatannya.
-    Menampilkan banyak pilihan mulai dari harga, tempat, waktu dll
-    Online travel agent terbesar dan terpercaya yang bekerja sama dengan banyak airline dan hotel dalam menghadirkan promo dan harga khusus tiap harinya
-    Memiliki hasil pencarian yang lengkap
-    Menampilkan informasi dari setiap pilihan yang ada
-    Smart Algorithm, dimana berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai dan lain sebagainya sesuai dengan teknologi terbaru.

b.      Weakness
-    Kepercayaan masyarakat akan transaksi online masih kurang, sehingga banyak masyarakat masih menggunakan layanan pemesanan tiket pesawat secara manual.
-    Tidak semua orang bisa menggunakan Teknologi/ gagap teknologi atau aplikasi mobile.
-    Harga tiket yang ditampilkan hanya merupakan harga tiket pesawat dan hotel, belum memberikan informasi untuk semua travel yang ada (contohnya seperti pemesanan tiket kereta api ataupun pemesanan tiket kapal laut).

c.       Opportunity
-    Karena keperluan masayrakat untuk berpergian ke suatu tempat tertentu terus meningkat setiap saat dengan berbagai keperluan seperti pulang kampung, liburan, berbisnis. Menjadikan traveloka sebagai salah satu aplikasi yang banyak digunakan ,karena mudah,cepat,terpecaya , dimanapun dan kapanpun bisa di akses.
-    Informasi yang ditampilkan up to date, sehingga orang-orang yang selalu mengunjungi Traveloka apabila ingin memesan tiket pesawat ataupun kamar hotel
-    Menampilkan harga tiket pesawat dan kamar hotel mulai dari yang termurah hingga yang termahal sehingga orang-orang dapat memilih sesuai keinginannya masing-masing.

d.      Threat
-    Mulai muncul aplikasi-aplikasi yang serupa dengan campaign yang lebih menarik, seperti tiket.com, nusatrip,  pegipegi, utiket, tiket2, airpaz, ezytravel , dll. Sehingga traveloka harus memutar otak untuk memikirkan ide-ide kreatif untuk publikasi dan bagaimana caranya untuk bersaing dengan yang lain.



Sumber :
-          https://www.traveloka.com/
-          http://www.beritasatu.com/digital-life/433988-aplikasi-traveloka-tembus-15-juta-pengunduh.html


Komentar

  1. bagaimana caranya pengembalian uang bila terlanjur mentransfer sejumlah uang untuk pembelian tiket?
    kami tadi pukul 12.43 telah menstanster Rp316.478,00 untuk pembayaran pembelian tiket pesawat lion air jurusan Semarang - Jakarta penerbangan hari Senin tgl 3 September pukul 18.35..

    BalasHapus
  2. Saya juga ingin melakukan transaksi jadi skrg saya sedang menunggu waktu dengan batas maks 2 jam lagi ,nah jadi saya butuh kepastian apa yang harus dilakukan setelah melakukan pembayaran DAN SAYA TIDAK MAU TERJADINYA " HAL HAL YG TUDAK DIINGINKAN "

    BalasHapus
  3. Salam sukses
    Mohon bantuan pagi tadi saya boking tiket dan sudah tranfer uang tapi sampai siang belum ada konfir setelah dicek kembali ternyata waktu transfer uang tidak sesuai dengan nominal yg diminta. Seharusnya 1.511.999 yang dikirim 1.512.000.
    Terpaksa saya boking baru untuk bisa kembali di daerah. Bagaimana caranya agar uangku bisa dikembalikan? Trima kasih

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas informasinya, ini valid gak yah ?

    BalasHapus
  5. Boleh minta contact person nya boss

    BalasHapus
  6. Semoga repund ticket saya, batik air ID-6257 an. Muhammad Fadli. No.transaksi 527548661. No. Booking YKQYYB. tgl.14-9-2019. Force Majurre. Samarinda-Jakarta.Transper saya ke rek.no.0849991100 PT.TRINUSA TRAVELINDO.Tksh.

    BalasHapus
  7. Semoga repund ticket saya, batik air ID-6257 an. Muhammad Fadli. No.transaksi 527548661. No. Booking YKQYYB. tgl.14-9-2019. Force Majurre. Samarinda-Jakarta.Transper saya ke rek.no.0849991100 PT.TRINUSA TRAVELINDO.Tksh.

    BalasHapus
  8. Hallo traveloka saya rencana mau buka agen travel gmn cara nya supaya saya bs jd reseler di traveloka

    BalasHapus
  9. Halo traveloka, sy sdh booking tiket dan e-tiketnya sdh terbit/ sdh dikirim tp no bookingnya blum dikirim
    Untuk penerbangan ke makasar, pd hr rabu tgl 11/03-2020 jam 06-05 menggunakan citylink
    Tlng pencerahannya🙏

    BalasHapus
  10. Saya a/n udjang siswanto salah transfer uang ke pt Trinusa Travelindo sebesar Rp 1.020.000 apakah uang bisa di kembalikan ke rekening saya pribadi

    BalasHapus
  11. Saya sudah transfer uang ke pt Trinusa travelindp debesar Rp 1.722.609 dr mandiri ke bca tapi no tiket bookingan belum/tidak keluar untuk penerbangan Batik air jurusan surabaya me Jakarta tg 15 maret 2020 jam 10.00 mhm penjelasan nya tks

    BalasHapus
  12. Apakah uangnya bisa dikembali kan ke rekening saya

    BalasHapus
  13. Saya tadi membayar tagihan pay tren dari bank sulselbar trf ke rek bank mandiri trinusa travelindo tp saya salah bayar harusx 670.758 tp saya bayar 760.758 bagaimana cara mengembalikan dana saya... apakah ada no yg bisa saya hub

    BalasHapus
  14. Saya mau repund tiket pesawat...nomer kontak yg bs saya hubungi brp ya

    BalasHapus
  15. saya sangat kecewa dengan traveloka.saya memiliki 2 bh pesanan no.58286110 dan 582869009 pesanan ini saya beli sewaktu ada pameran di sby. discount potongan menggunakan kartu kredit mandiri. saat itu saya tdk mempunyai kartu mandiri. dan saya dibantu oleh petugas bank mandiri menggunakan kartu kreditnya dia,saya membayar uang cash ke petugas tersebut untuk pembelian 2 pesanan hotel di bulan mei ini. tapi karna adanya pandemi yang menyebabkan kami tidak bisa berangkat ke bali karna seluruh jalur darat dan udara ditutup s/d tgl 1 juni,jd terpaksa kami mau membatalkan pesanan ini.dan saya sdh minta tolong via email kalau jangan dikembalikan ke kartu mandiri tsb.pasti uang saya akan hilang
    karna saya nggak punya kontak org tsb.dan saya berniat meminta reschedule tanggal keberangkatan.tetapi pihak traveloka tdk mau membantu kmi.ini menyebabkan kerugian kami senilai 6.5jt.saya mohon pertangung jawaban pihak traveloka.bs mengembalikan uang saya tersebut atau membantu reschedule jadwal check in.

    BalasHapus
  16. Saya mengajukan refund tetapi dikembalikan dengan voucher travel credit. Yang saya pertanyakan adalah kenapa dana yang dikembalikan hanya 2 penumpang (suami saya dan anak saya). Trus punya saya kemana ?

    BalasHapus
  17. Saya salah transfer apa kh uang bisa balik

    BalasHapus
  18. Hallo saya pesan tiket tanggal 25 Desember 2020 ke Silangit An. Erwin Timbul P. Manalu dan Dominic Jeremy Manalu tolong an. DOMINC JEREMY MANALU digeser keberangkatannya tanggal 19 Nopember 2020 bisa tdk tks No WA saya : 088977274073

    BalasHapus
  19. Saya pesan tiket Batam ke Lampung. Tanggal 21 Desember 2020. Dan udh saya transfer tapi blm dapai kode boking. Ada solusinya mohon penjelasanya dari trefeloka. Ini no hp saya 081267089986

    BalasHapus
  20. Sy mau tanya. Etiket dikirim di emali setelah 1 jam pembayaran kan? Tapi diemail sy belum ada konfirmasinya padahal sudah lewat dari 1 jam.
    Harap informasinya🙏

    BalasHapus
  21. Selamat pagi saya candra arif saya ingin membatalkan pesanan tanggal 18-06-2021 karena salah alamat transfer

    BalasHapus
  22. Selamat sore saya Abdullah Sani kemarin malam tgl 23 saya pesan kamar hotel di Marcopollo Bandar Lampung 2 kamar dan sudah melakukan pembayaran ada bukti sudah membayar,trs sore tgl 24 ini saya salah ketik transfer ke no rek Trinusa Travelindo lagi mohon solusi nya untuk mengembalikan uang yg saya salah transfer tadi saya menggunakan email abdullahsani742@gmail.com

    BalasHapus
  23. Selamat Sore , saya pesan tiket untuk tanggal 17 januari 2022, an. Daud, dari Silangit tujuan jakarta, saya mau di di pindah ke tgl 11 jan 2022, apakah bisa?.
    Mohon di bantu, tks.
    WA saya : 081519445011

    BalasHapus
  24. Sy SDH beli tiket TPI blum dapat e tiket

    BalasHapus
  25. Sy SDH melakukan pembayaran TPI blum dpt tiket

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer