Desai & Pemodelan Grafis
Pengertian
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya
yang menitik beratkan kepada nilai estetik. Desain juga dapat diartikan sebagai
rancangan atau kerangka bentuk.
Pemodelan Grafik adalah proses atau tahapan pembentukannya suatu objek, dimana
proses pengerjaan secara keseluruhannya dikerjakan menggunakan komputer.
Desain Pemodelan Grafik itu sendiri adalah suatu seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya dimana dalam proses atau tahapan pengerjaan secara keseluruhannya dengan melibatkan komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil inisebagai pemodelan 3 dimensi (3D modeling).
Prinsip Desain Grafis
Pesan suatu visual harus
kreatif (asli, inovatif dan lancer), komunikatif, efisien dan efektif,
sekaligus indah/estetis. Berbeda dengan prinsip desain grafis. Dalam ilmu
desain grafis, selain prinsip-prinsip diatas terdapat beberapa prinsip utama
komunikasi visual dari sebuah karya desain.
1. Kesatuan (Unity)
Salah satu prinsip tata rupa
yang sangat penting. Tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat
karya tersebut terlihat tercerai-berai, berantakan, sehingga tidak nyaman
dipandang. Prinsip ini sesungguhnya merupakan prinsip hubungan. Beberapa unsur
rupa mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah dicapai.
2. Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan adalah keadaan
yang dialami oleh suatu benda jika semua daya yang bekerja saling meniadakan.
Dalam bidang seni, keseimbangan tersebut tidak dapa diukur namun dapat
dirasakan, misalnya suatu keadaan dimana semua bagian dalam sebuah karya tidak
ada yang saling membebani.
3. Proporsi (Proportion)
proporsi termasuk prinsip
dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian, untuk memperoleh keserasian dalam
sebuah karya diperlukan perbandingan-perbandingan yang tepat. Dalam bidang
desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan kertas dan layout
halaman.
4. Irama (Rhythm)
Irama adalah pengulangan
gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk-bentuk alam bisa kita ambil
contoh pengulangan gerak pada ombak laut. Barisan semut, gerak dedaunan, dan
lain-lain. prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk-bentuk
unsur rupa.
5. Dominasi (Domination)
Dominasi merupakan salah
satu prinsip dasar tata rupa yang harus ada dalam akya seni dan desain.
Dominasi adalah keunggulan, sifat unggul dan istimewa yang akan menjadi unsur
sebagai penrik dan pusat perhatian. Dominasi mempunyai beberapa tujuan yaitu
untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan.
Biasanya ditengarahi dengan emphasis.
UNSUR DESAIN GRAFIS
Agar desain yang kita hasilkan menarik mata ada beberapa unsur
yang harus dipelajari yaitu unsur dalam desain grafis. Semua unsur tersebut
tidak harus dimasukkan sekaligus dalam sebuah karya desain karena ada sebagian
desain yang menuntut salah satu dari unsur tersebut harus diprioritaskan jadi
ada penekanan-penekanan dalam setiap unsur.
1. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu
titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis
lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk
membangun bentuk atau konstruksi desain. Di dalam duni a komunikasi visual
seringkali kita menggunakan dotted line, solid line, dan garis putus-putus.
2. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle),
dan segitiga (triangle).
3. Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang
dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur
sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya
permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain
sebagainya.
4. Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya,
pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain
dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang
digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).
5. Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar
kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan
kontras dan penekanan (emphasis) pada obyek desain anda sehingga orang akan
tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.
6. Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan
warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan
sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas
Perkembang
desain grafis
Desain
grafis mengalami perkembangan pesat setelah ditemukannya tulisan dan mesin
cetak. Kejayaan kerajaan Romawi di abad pertama telah membawa peradaban baru
dalam sejarah peradaban Barat dengan diadaptasikannya kesusasteraan, kesenian,
agama, serta
alfabet latin yang dibawa dari Yunani.
Pada saat
ini adanya mesin cetak dan komputer juga merupakan dua hal yang secara
signifikan mempercepat perkembangan penggunaan seni desain grafis hingga
akhirnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan
lain-lain. Koran, majalah, tabloid, website yang sehari-hari kita lihat adalah
produk desain grafis. Bahkan animasi Spongebob Squarepants walaupun lebih
dikenal dengan sebutan kartun yang sering kita tonton di televisi merupakan
bagian dari produk desain grafis juga
Pengaruh
Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
Ada sebuah pengaruh
terhadap kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain pemodelan grafis.
Budaya yang digunakan sebagai sumber pemikirnan utnuk mengembangkan suatu
desain grafis. Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis,
sebagai contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik dan masih banyak
lainnya.
Dengan semakin majunya
perkembangan teknologi maka semakin mudah bagi kita untuk menciptakan karya
desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa menghasilakn banyak
sedali desain grafis sehingga lebih mengefisienkan segalanya.
Desain Pemodelan Grafis
juga berkaitan erat dengan grafik komputer.
Berikut kegiatan yang
terkait dengan grafik komputer :
·
Pemodelan geometris
yaitu menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
·
Rendering yaitu
memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
·
Animasi yaitu
menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu.
·
Kerangka Grafik
Komputer.
·
Graphic library/package
(contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi dan display hardware
(Graphic System.
(Graphic System.
·
Application program
memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics
·
Hasil dari interaksi
user menghasilkan/modifikasi citra.
·
Citra merupakan
hasilakhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.
Desain Pemodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris:
human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan
antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan
implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan
elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian
proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi
dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui
sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Sistem harus
sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia
sebagai pemakai.
Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia &
komputer
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan
mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah
sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar
sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan
penggunanya (user friendly).
Kita butuh Interaksi manusia komputer agar kita lebih cepat
dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya
lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
Disiplin
ilmu yang terlibat dengan Interaksi manusia dan komputer sangatlah
banyak. Dan salah satunya adalah Desain Pemodelan Grafis.
Sumber :
http://dellywicaksonoputra.blogspot.co.id/2015/11/assalamualaikum-wr.html
Komentar
Posting Komentar