Review User Interface pada Game
Tugas 6 - Bab 6
NPM : 50414844
Kelas : 3IA20
Need for Speed: Hot Pursuit
Kadang-kadang
elemen UI tidak sesuai dalam geometri dari dunia permainan. Mereka masih dapat
mempertahankan narasi permainan tapi duduk di hub plane 2D - ini disebut elemen
Meta.
Elemen
meta UI bisa sulit untuk dipakai dalam permainan tanpa unsur narasi yang kuat,
seperti olahraga atau permainan balap. Dalam Need for Speed: Hot Pursuit
masih dapat terasa bahwa speedometer di HUD 2D adalah meta karena karakter
pemain - sopir, akan tahu berapa kecepatan mobil melaju dan untuk itu membentuk
bagian dari narasi tersebut. Elemen HUD lainnya seperti posisi track dapat
lebih sulit untuk dipakai.
Need
for Speed: Hot Pursuit menggunakan elemen HUD seperti speedometer untuk
menyampaikan informasi tentang mobil kepada pemain.
Assassin’s Creed
Elemen user interface yang diegetik
ada dalam dunia permainan (fiksi dan geometris) sehingga pemain dan avatar
dapat berinteraksi dengan mereka melalui visual, audible atau haptic. Elemen UI
diegetik yang dieksekusi dengan baik dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk
pemain, memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan terintegrasi. Salah satu
game yang mengimplementasikan elemen diegetic adalah Assassin’s Creed.
Assassin’s Creed berhasil menggunakan
banyak pola diegetic meskipun itu diatur dalam dunia sejarah karena pemain
pemain menggunakan sistem virtual reality di masa depan. Jadi cerita sebenarnya
futuristik daripada sejarah. Assassin’s Creed itu menggunakan eagle vision
untuk menyorot musuh dan jalur patroli mereka. Pemain dan karakter melihat hal
yang sama.
Ada
kalanya ketika elemen UI diegetic kurang tepat digunakan, baik karena mereka
tidak dapat pantas dalam geometri dunia permainan, atau ada kebutuhan untuk
memecahkan fiksi untuk memberikan pemain lebih banyak informasi daripada yang
seharusnya diketahui atau tidak oleh seorang karakter.
Daftar Pustaka :
http://inmankom.blogspot.co.id/2012/09/desain-user-interface-untuk-video-game.html
Komentar
Posting Komentar