FTP


File Transfer Protocol (FTP) merupakan sumberdaya yang paling banyak digunakan di Internet. Sebagai tool dasar digunakan untuk menyalin file dari satu komputer di Internet ke lainnya. Software FTP dibagi menjadi dua bagian : satu bagian dijalankan pada komputer yang berisi file (Server FTP) dan bagian lain di komputer yang meminta file (Klien). Klien dapa berupa BBS (Bulletin Board Service) yang terkneksi ke internet, atau bahkan PC anda. Kedua bagian saling berkomukasi dan mentransfer file.

Semakin berkembangnya teknologi pada zaman modern sekarang file-file penting yang di-upload atau yang di-download sangatlah rentan dengan kejahatan dunia maya seperti digunakanya tool wireshark yang dapat mengetahui username, password, dan file yang di-upload atau di-download oleh user. Untuk itu dibangunlah FTP server dengan system keamanan dalam transfer data. FTP server yang telah diaktifkan fitur secure socket layer dan secure shell dapat mengamankan proses informasi username, password, dan file atau data yang di-upload dan di-download oleh user tidak dapat terbaca oleh tool wireshark.


Prinsip Kerja FTP

File transfer protocol memakai TCP sebagai transport protocol untuk menyediakan hubungan end to end yang nyata dan pada Internet Layer terjadi komunikasi dengan menggunakan Internet Protocol. Pengguna yang memulai melakukan hubungan dengan dengan server disebut dengan client, sedangkan yang memberikan pelayanan pada client disebut dengan server.





Refrensi :
Browne, Steve . 1995. Internet Lewat Mosaic dan World Wide Web. Jakarta.

Oklilas, Ahmad Fali. Irawan, Budi. 2014. journal.portalgaruda.org/index.php/generic/article/view/466, Diakses 15 Maret 2016.


Sofiansyah. 2003. Perancangan Aplikasi File Transfer Protocol dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Java. https://core.ac.uk/download/files/379/11724837.pdfDiakses 15 Maret 2016.

Komentar

Postingan Populer