WEB


Pengertian web

World Wide Web(www)atau web adalah sebuah sistem penyebaran informasi melalui internet.Informasi yang dikirimkan dapat berupa teks,suara(audio),animasi,gambar dan bahkan dalam format video yang dapat diakses melalui sebuah software yang disebut browser,seperti internet explorer,Mozilla firefox,opera dan lain-lain.
web merupakan sebuah sistem yang saling terkait dalam sebuah dokumen yang berformat hypertext yang berisi beragam informasi, baik tulisan,gambar, suara, video, dan informasi multimedia lainnya dan dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.Untuk menterjemahkan dokumen dalam bentuk hypertext ke dalam bentuk dokumen yang bias dipahami, maka web browser melalui web client akan membaca halaman web yang tersimpan di sebuah web server melalui protokol yang biasa disebut http atau Hypertext Transfer Protocol.


Sejarah web

Sejarah situs web bermula di European Laboratory For Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN). Penelitian ini terletak di kota Geneva dekat perbatasan Prancis dan Swiss. CERN adalah Organisasi Eropa untuk riset nuklir. Seorang fisikawan yang bernama Tim Berners Lee menulis proposal untuk menejemen informasi yang menunjukkan bagaimana informasi dapat dipindahkan dengan mudah melalui internet dengan menggunakan hypertext.
Perkembangan situs web tidak berhenti, selanjutnya seorang insinyur sistem yang bernama Robert Cailliau bergabung dengan idenya yaitu menghubungkan hypertext dengan internet dan komputer pribadi, sehingga mempunyai jaringan tunggal untuk membantu fisikawan CERN berbagi informasi yang tersimpan di laboratorium. Hypertext akan memungkinkan pengguna untuk browsing dengan mudah antara text pada halaman situs web dengan menggunakan link. Contoh pertama yang dikembangkan pada NEXT komputer.
Info.Cern.Ch adalah alamat situs web dan web server pertama di dunia yang berjalan pada sebuah komputer NEXT di CERN. Halaman (Home Page) pertama alamatnya  http://info.cern.ch/hypertext/www/TheProject.html, yang terpusat pada informasi tentang projek www. Pengunjung bisa belajar lebih banyak tentang hypertext, rincian teknis untuk menciptakan halaman web mereka sendiri, dan bahkan penjelasan tentang cara untuk mencari web untuk mendapatkan informasi. Projek pembuatan web oleh Tim Berness Lee menggunakan komputer NEXT yang digunakan pada tahun 1990. Komputer NEXT merupakan server web hypermedia browser dan web editor pertama yang ada dan digunakan untuk projek pembuatan web.


Perkembangan Dan Perbedaan 

1.      Web Portal
Web portal atau kadang disebut portal saja adalah suatu situs web yang memiliki fitur seperti direktori, mesin pencari ( Search Engine ), email atau grup diskusi. Direktori merupakan daftar link yang disusun menurut kelompok tertentu ( misalnya pendidikan kesehatan) dan dapat digunakan sebagai titik awal untuk menuju ke informasi tertentu. Search adalah fasilitas yang mungkin pemakai mencari suatu informasi terntu dengan memasukkan suatu kata kunci.

2.      Multimedia pada web
Untuk mendukung multimedia, computer klien harus dilengkapi dengan program yang disebut viewer atau terkadang disebut pulg-in. Program-progrm ini perlu disediakan karena sejumlah berkas terntu memang tidak oleh browser. Sebagai contoh, untuk memainkan berkas film berekstensi MOV diperlukan perangkat lunak quick time.
3.      Web Statis Dan Dinamis

Web statis dibentuk dengan menggunakan html saja. Kekurangan aplikasi seperti ini terletak pada keharusan untuk memlihara program secara terus-menerus utuk mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Kelemhan ini ditasi dengan model aplikasi web dinamis. Dengan kemampuan html,yakni dengan dengan menggunakan perankat lunak tambahan, perubahan informasi dalam halaman – halaman web anda ditangani melalui perubahan data bukan melalui perubahan program. Sebagai implementasinya, aplikasi web dapat dikoneksikan ke basis data. Dengan demikian perubahan informasi dapat dilakukan oleh operator atau yang bertanggung jawab terhadap kemuktahiran data, dan tidak menjadi tanggung jawab pemrograman atau pemrograman.

Refrensi :
Stuart   McClure,   saumil   shah,   and   shreeraj   shah. Pengertian   web,sejarah   web,dan  web   hosting .2005.https://ekaariyantini.files.wordpress.com/2012/10/makalah-website.pdf . Diakses15 Maret 2016.


Hariningsih, S.P. 2005. Teknologi Informasi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Komentar

Postingan Populer