Kebijakan Web



Internet yang kita kenal dengan dunia maya, merupakan edium untuk berkomunikasi layaknya seperti dunia nyata. Sehigga kemungkinan timbulnya miskomunikasi yang mengakibat hubungan tidak baik antar sesama pengguna internet itu sendiri sangan banyak. Oleh karena itu, dikeluarkan RFC 1855 yang dapat didownload pada pada http://wwww.dtcc.edu/cs/rfcc1855.html sebagai panduan untuk berkomunikasi dengan baik di internet.
Netiquette atau nitiket adalah singkatan dari netter etiket, yaitu semacam aturan dan etika dalam berkomunikasi sesama pengguna internet, baik itu dalam komunikasi melalui email, mailing list, chatting, dan media komunikasi lainnya, yang disepakati sebagai aturan dan etika yang umum.
Beberapa etika yang umum dalam komunikasi di internet adalah :

·      Jangan menggunakan huruf besar. 
·      Kalau mengutip pesan sebelumnya, kutiplah seperlunya 
·      Perlakuan email sebagai peribadi 
·      Hati-hati dalam mem-forward email ke orang lain. 
·      Biasakan menggunakan format plain text dan jangan sembarang menggunakan format HTML. 
·      Jangan kirim file (berukurang besar) melalui attachment tanpa ijin dari penerima email.

Kebijakan web atau web policy adalah dokumen atau halaman yang menjelaskan kepada visitor web atau blog, tentang bagaimana Anda mengelola informasi yang Anda dapat dari mereka. Bahkan hal ini sangat disyaratkan oleh Paman Google untuk diletakkan dihalaman web atau blog Anda. Dengan kata lain Privacy Policy adalah kebijakan yang diberlakukan oleh sebuah blog atau web yang telah dibuat oleh pemilik atau pembuat situs itu sendiri. Hal ini dilakukan oleh para pemilik web atau blog sebagai syarat untuk menggeluti dunia internet. Bahkan ini adalah sebuah dasar yang harus dilakukan oleh pemilik web atau blog sebagai bukti bahwa blog atau web tersebut akan benar benar ditekuni dan akan menjadi lebih baik dalam perkembangnnya.


Contoh Halaman Kebijakan Privasi Bahasa :

Kebijakan Privasi: [ganti dengan alamat blog anda]
Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau ada yang ingin Anda sampaikan berkaitan dengan kebijakan privasi kami, Anda dapat menghubungi kami melalui alamat email [ganti dengan alamat email anda].
[ganti dengan alamat blog anda]sangat memprioritaskan privasi para pengunjung. Dokumen kebijakan privasi ini memberikan uraian terkait jenis informasi pribadi yang diterima dan dikumpulkan oleh [ganti dengan alamat blog anda] dan bagaimana kami menggunakan informasi tersebut.

Cookies dan Web Beacons

[ganti dengan alamat blog anda] tidak menggunakan cookies untuk menyimpan informasi tentang preferensi pengunjung, merekam informasi pengguna tertentu pada halaman mana akses pengguna atau kunjungan, menyesuaikan konten halaman web berdasarkan jenis browser pengunjung atau informasi lainnya yang pengunjung kirimkan melalui browser yang mereka gunakan.



Daftar Pustaka :

Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasai Internet Teknologi Dan Aplikasinya. Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Zamzam. 2014."Pengertian dan Fungsi Privacy Policy". http://www.zallegiance.com/2014/11/pengertian-dan-fungsi-privacy-policy.html. 7 April 2016.

Regard. 2014. “Contoh Privacy Policy di Blog dan Cara Membuatnya”. http://www.exnim.com/2014/10/contoh-privacy-policy-di-blog-dan-cara.html. 7 April 2016.


Komentar

Postingan Populer