Privasi Web


Privasi merupakan suatu hal yang sangat penting baik bagi individu maupun lembaga
atau instansi untuk berhadapan dan berinteraksi dengan individu lain atau lembaga lain. Salah
dalam menyampaikan informasi yang memiliki kemungkinan bernilai confidential, classified
dan rahasia tidak dapat dipungkiri akan menyebabkan kerugian baik material maupun non
material. Apalagi jika sifat informasi tersebut merupakan rahasia berisi peta kekuatan dan
strategi yang akan dirancang menghadapi persaingan dengan produk kompetitor, terlebih lagi
jika rahasia tersebut berkaitan dengan organisasi. Kalau berkaitan dengan informasi pribadi
yang tidak ingin dibagi dan diketahui oleh umum, namun sudah terlanjur tersebar dan
diketahui oleh khalayak luas, kejadian ini akan menjadi sangat krusial dan mungkin dapat
membahayakan posisi dan kredibilitas yang bersangkutan.
Dalam sebuah web privasi  diperlukan, User atau yang biasa kita sebut dengan pemakai pada umumnya pengen aktivitas atau kegiatan yang dilakuinnya itu ga diketahuin sama orang lain, termasuk administrator dari web tersebut. Sementara itu, untuk menjaga keamanan dan tingkat performance dari sistem yang dikelolanya, administrator ini pastinya harus mengetahui apa yang dilakukan oleh pemakai sistemnya.
Dapat dilihat hampit semua situs Web teatas telah memiliki kebijakan privasi. Anda mungkin akan menemukan dengan cepat saat membaca kebijakan tesebut bahwa ada beberapa pembatasan yang dibuat oleh perusahaan mengenai penggunaan informasi pribadi anda oleh perusahaan tersebut. Sebagai akibatnya, pelanggan tidak memiliki banyak pilihan untuk dapat perlindungan dirinya. Banyak perusahaan yang telah memiliki situs web terrnyata tidak memiliki kebijakan privasi. Selain perundang- undangan, teknoligi baru telah bermunculan untuk melindungi privasi pengguna selama berinteraksi di web. Sebagai contoh dengan p3p.



Mengendalikan Privasi Web dengan P3P

Perkembangan dari iklan dan spam saat ini sudah sangat keterlaluan. Dengan strategi baru, para pengumpul data bermain dengan cara terang-terangan. Browsing diuji keamanannya. Ada sejumlah cara untuk mengelola cookie. Jika kalian menggunakan komputer yang berbeda di lokasi yang berbeda kalian akan perlu untuk memastikan bahwa masing-masing browser disesuaikan dengan preferensi cookies kalian. Beberapa browser modern memiliki fitur yang akan menganalisis kebijakan privasi situs web dan memungkinkan pengguna untuk mengontrol kebutuhan privasi mereka. Ini dikenal sebagai fitur "P3P" (Platform for Privacy Preference). Platform for Privacy Preference dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “Landasan untuk pengaturan perlindungan pribadi”. Di belakangnya tersembunyi teknik standarisasi yang berbasis XML, dengan demikian setiap penyedia web server dapat mengatur aturan perlindungan data yang dipakainya.


Website yang telah mengirim plementasikan P3P mempunyai satu file XML dengan standarisasi tersebut, dan akan diberitahukan pengguna apa yang akan dilakukan dengan data-data yang didapatnya. Browser berkemampuan P3P ini akan mencocokkan file XML server dengan pengaturan privasi dari pengguna, untuk memutuskan apakah data akan diberikan atau tidak. Sebaliknya server web juga memberikan informasi kepada pengguna jika tidak terjadi kesepakatan dalam pengaturan, dan menolak memberi pelayanan.

Oleh karena itu, P3P juga turut dipertanyakan. Para Kritikus mengkritik, bahwa formulasi pengaturan pada P3P sangat menyusahkan webmaster. Selain itu, pengguna harus selalu membeberkan pengaturan privacy selebelum ia membolehkan akses satu halaman website. Jika sebuah halaman menuntut alamat pengguna pos pengguna walaupun pengguna hanya ingin membaca berita saja, halaman tersebut tidak akan pernah bisa diakses oleh pengguna, sebelum pengguna memberikan alamat posnya atau mematikan fungsi P3P-nya. Semua itu tidak bermanfaat dengan baik untuk penyedia jasa maupun pengguna.



Daftar Pustaka :
Laudon, Kenneth C., Laudon, Jane P. 2007. “Sistem Informasi Manajemen”
.
Yuwinanto, Helmy Prasetyo . 2014. ”Kebijakan Informasi dan Privacy”. http://web.unair.ac.id/admin/file/f_34502_Inf_Policy_Privacy.pdf.07 April 2016.


Cranor, Lorrie. (2002). Web Privacy with P3P. Sebastopol: O'Reilly & Associates, Inc. 

Komentar

Postingan Populer