PENGANTAR TEKNOLOGI GAME


Nama   : Alicia Oksiany
NPM     : 50414844
Kelas    : 3IA20

BAB 1


Konsep Game
Game merupakan salah satu program yang bisa berjalan didalam perangkat berbasis computer. Kegunaaan game adalah sebagai sarana hiburan dan terkadang digunakan sebagai alat pendidikan maupun bisnis.  Secara garis besar game terbagi menjadi dua jenis yaitu game offline dan game online. Game offline adalah game yang bisa tanpa harus terhubung ke internet. Hal tersebut dimungkinkan untuk dilakukan karena semua perintah dan data game sudah terpasang di dalam komputer. Sedangkan game online ini sifatnya terpusat pada suatu server. Sehingga untuk menjalankannya dibutuhkan akses ke server tersebut melalui jaringan internet.

Jenis-Jenis Game
Jenis game saat ini di bagi menjadi beberapa kategori yaitu :

·        Berdasarkan platform

1.   Arcade Game
Sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di desain untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa "masuk dan menikmati ", seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya ).

2.      PC Game
Yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.

3.      Console Game
Yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 4,  XBOX, dan Nintendo Wii.

4.      Handheld Game
Yaitu game yang dimainkan di console tertentu atau khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, Contoh Nintendo DS, dan  PSP.


5.      Mobile Game
Yaitu games yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.



·        Berdasarkan Genre

1.      Action game
Game jenis ini menghadirkan fitur utama berupa aksi. Dalam action game, pemain harus memiliki ketrampilan dan reaksi yang cepat untuk melawan musuh dan menghindari rintangan. Intinya dalam game ini pemain harus menggunakan refles, akurasi dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sebuah level game.

2.       First Person Shooter (FPS)
Game jenis ini berisi tembak-menembak. Namun, dalam game ini kamu akan memainkan tokoh dengan cara pandang orang pertama.

3.      Role Playing Game (RPG)
Game ini menghadirkan gameplay yang mengandung unsur leveling. Dalam game ini pemain akan bebas menjelajah dunia game. Setiap karakter memiliki kemampuan dan kekuatan yang berbeda bahkan dapat berkembang sesuai yang dinginkan pemain. Game RPG memungkinkan pemain untuk berkompetisi hingga berinteraksi atau bertarung dengan pemain lain. 

4.      Adventure
Game jenis ini berisi tentang petualangan. Pemain bisa memainkan karakter untuk menjelah hutan belantara atau menjelajahi sebuah bangunan. Intinya, pemain akan melalui sebuah misi. Game ini akan menekankan jalur cerita dan kemampuan berpikir pemain untuk menemukan petunjuk berikutnya.

5.      Simulasi
Game dengan genre ini hadir dengan konsep yang mirip kenyataan. Semua faktor dalam game akan dibuat semirip dunia nyata, ada yang menceritakan kehidupan manusia atau kehidupan menjadi seorang walikota membangun sebuah kota. 

6.      Sport
Game jenis ini hadir untuk para pemain yang gemar olah raga. Game ini memiliki gameplay berbagai jenis olahraga di dunia. Intinya, pemain akan melakukan pertandingan olahraga secara virtual.

7.      Racing  
Game balapan atau kemampuan mengemudi baik motor dan mobil atau kendaraan lainnya. Game ini akan memacu adrenalin pemain untuk menjadi yang tercepat di sirkuit.


Bisnis Dalam Game Komputer

Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar.

Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya.

Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.



3D Engine dan Scene Graph

Game engine adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang dan dibuat untuk membantu membuat sebuah game.

Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
- Menciptakan objek Canvas3D
- Menciptakan sebuah scene graph
- Menghubungkan objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph

Berikut ini beberapa 3D Engine : 

            1.      Unity

Game Engine cross-platform dengan built-in IDE yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Hal ini digunakan untuk mengembangkan video game untuk plugin web, platform desktop, konsol dan perangkat mobile, dan digunakan oleh lebih dari satu juta pengembang.


2.      Unreal Engine

Game Engine yang dikembangkan oleh Epic Games, pertama kali digambarkan dalam 1998 first-person shooter permainan Unreal. Meskipun pada awalnya dikembangkan untuk penembak orang pertama, telah berhasil digunakan dalam berbagai genre lain, termasuk stealth, MMORPG, dan RPG lainnya. Dengan kode yang ditulis dalam C + +, Unreal Engine fitur tingkat tinggi portabilitas dan merupakan alat yang digunakan oleh banyak pengembang game saat ini.


3.      RPG Maker

RPG Maker, yang dikenal di Jepang sebagai RPG Tsukūru (RPG ツクール?, Kadang-kadang diromanisasi sebagai RPG Tkool), adalah nama dari seri luas program untuk pengembangan role-playing game (RPG), pertama kali diciptakan oleh kelompok Jepang ASCII, kemudian digantikan oleh Enterbrain. Engine ini sangat cocok bagi kalian yang baru terjun ke dunia Game Developing, karena engine ini sangat user-friendly dan juga powerful, saya juga pun sering menggunakan Game Engine ini untuk mencoba membuat game yang sederhana.

4.      Rage Engine

Seri GTA Menggunakan engine ini. RAGE Engine mempunyai banyak kelebihan, salah satunya adalah kemampuan menciptakan dunia open world yang kompleks, penuh detail, dan terintegrasi penuh dengan dukungan seperti A.I script, weather effects, dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada GTA IV. Engine ini juga mendukung kemampuan middleware seperti fitur “dynamic-motion” dan “bullet physics”. 

5.      CryEngine

CryEngine Game Engine yang dirancang oleh Game Developer Jerman, Crytek. CryEngine sangat bagus untuk anda yang mempunyai kreatifitas tinggi tetapi tidak mempunyai uang, karena Crytek memberikan CryEngine secara GRATIS JUGA! Bahkan kita pun tidak perlu membeli lisensi untuk pemakaian dengan tujuan komersial, benar benar menakjubkan bukan? Kita dapat mengunduh CryEngine di website resmin Cry Engine. CryEngine juga sangat powerful karena bisa mendesain game untuk PS3, XBOX, dan PC pada saat yang bersamaan.

6.      OGRE 3D
Objected-Oriented Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated 3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek dan class objek yang lebih tinggi.

OGRE hanya digunakan untuk me-render. Dengan kata lain, fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matOix classes, memory handling, dan lain lain. Ini bukan lah salah satu dari semua solusi dalam istilah game development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics support.

7.      Processing

Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.







Sumber:



Komentar

Postingan Populer