Arsitektur Game Engine


Tugas BAB IV

Nama   : Alicia Oksiany
NPM   : 50414844
Kelas   : 3IA20








Arsitektur Game Engine

Arsitektur game engine adalah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi dekstop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac Os.


Tipe Game Engine

Game engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrograman. Ada 3 tipe game engine yang ada saat ini, diantaranya :

1. Roll-your-own game engine
Game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar diberikan secara gratis, juga memperbolehkan mereka (para developer) lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri.

2. Mostly-ready game engines
Engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer/programer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Banyak dari mereka yang sudah benar-benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama. Sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal.


3. Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.. Game engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game mereka secepatnya.



Game Engine dan contoh gamenya

Unreal Engine
Unreal Engine adalah sebuah game engine base 3D buatan epic games. Unreal Engine sendiri juga merupakan game engine cross platform dimana kita bias membuat game supaya bisa dijalankan ke banyak platform mulai dari Android, iOS, Windows dan juga web browser(HTML5). Untuk Bahasa pemogramannya Unreal Engine menggunakan Bahasa C++ dan Object Oriented Programming. Contoh game yang menggunakan unreal engine yaitu Blade and soul, Paragon.

Paragon

 
Anvil Engine
Anvil Engine yang sebelumnya bernama Scimintar 2.0 adalah  game  engine milik Ubisoft Montreal yang digunakan pada Microsoft Windows, PlayStation 3, Xbox 360, Wii U, PlayStation Vita, Xbox One, dan PlayStation 4. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu C++. Game engine yang mampu melakukan proses interaksi antara animasi model dengan lingkungan sekitarnya secara real-time dengan sempurna. Anvil Engine juga mampu memproses A.I Script dalam jumlah banyak yang berada di sebuah ruang lingkup dunia open world. Contoh game yang dibuatnnya yaitu Assassin's Creed Syndicate, For Honor.

Assasins Creed Syndicate



Cry Engine 
Cry Engine adalah saah satu Game Engine yang dikeluarkan oleh German, Crytek. Game engine ini juga sempat menghebohkan dunia game pada tahun 2004. Keunggulan dari Cry Engine sendiri adalah tidak perlu menggunakan spek yang tinggi untuk menjalankan game yang dibuat dengan software ini dan pencahayaannya juga sangat bagus. Contoh game yang menggunakan engine ini adalah ArcheAge, Far cry.
far cry 4



Avalanche Studios
Avalanche Studios didirikan oleh Christofer Sundberg dan Linus Blomberg pada tahun 2003.  mereka berhasil menciptakan sebuah game engine yang tidak hanya menampilkan grafik yang menawan, tetapi juga dapat memadukan berbagai macam mekanisme gameplay secara bersamaan. Mulai dari adegan pertarungan, efek ledakan cuaca physics, sampai dengan A.I Scrypt yang pintar. Game engine ini terkenal sebagai salah satu game engine yang mampu menciptakan sebuah dunia open world yang sangat luas, tidak kalah dengan engine serupa lainnya. Contoh Game yang dibuat engine ini yaitu Mad Max, Just Cause Series.
Just Cause 3


Rage Engine
Rockstar Advanced Game Engine (RAGE) adalah game engine yang dikembangkan oleh RAGE Technology Group di Rockstar San Diego dengan kontribusi studio Rockstar lainnya. RAGE Engine mempunyai banyak kelebihan, salah satunya adalah kemampuan menciptakan dunia open world yang kompleks, penuh detail, dan terintegrasi penuh dengan dukungan seperti A.I script, weather effects, dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada GTA IV. Engine ini juga mendukung kemampuan middleware seperti fitur “dynamic-motion” dan “bullet physics”. Contoh game yang memakai engine ini yaitu Grand Theft Auto V, Max Payne 3.

GTA V















Daftar Pustaka :
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_game_engines

Komentar

Postingan Populer