Rievew 2 Game yang Menggunakan Konsep AI dan Perbedaannya

Bab 8 - Penulisan
Nama  : Alicia Oksiany
NPM   : 50414844
Kelas   : 3IA20



Clash of Clans 


Clash of Clans adalah permainan video game strategi premium pada perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Supercell, Sebuah perusahaan video game yang berbasis di Helsinki, Finlandia. Permainan ini dirilis untuk platform iOS dan Android.

Alur permainan
Clash of Clans adalah sebuah game Strategi di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, trophy ,elixir dan dark elixir, membangun pertahanan yang melindungi pemain dari serangan pemain lain, dan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan maupun jumlah pasukan. Permainan ini juga dilengkapi kampanye pseudo di mana pemain harus menyerang serangkaian benteng desa milik goblin.



Clash Royale

Clash Royale adalah game terbaru dari tim pengembang Supercell, yang pada akhirnya telah resmi dirilis di seluruh dunia setelah sebelumnya berada pada tahap soft launch sehingga hanya tersedia di sejumlah negara di dunia. Clash Royale adalah sebuah game yang menggabungkan sebuah permainan RTS dan MOBA, dengan sebuah permainan kartu.

Tujuan utama pemain adalah menghancurkan menara musuh untuk memenangkan pertandingan. Namun alih-alih harus menghancurkan ketiga menara, pemain hanya harus menghancurkan satu menara saja. Selain itu, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yang sekaligus akan menjadi penghalang utama bagi pemain untuk memenangkan pertandingan.



Perbedaan Clash of Clans dan Clash Royale

1. Battle
Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari dua game buatan Supercell tersebut adalah battlenya. Pada COC, pemain hanya perlu menggunakan troops untuk melakukan battle. Sedangkan pada game Clash Royale, pemain harus mempersiapkan Battle Deck yang terdiri dari 8 kartu.

2. Troops
Untuk mendapatkan troops baru dan lebih kuat pada game COC, pemain harus melakukan upgrade barrack dan juga laboratorium. Sedankan pada game Clash Royale lebih gampang, cukup perbanyak tropi dan naik arena untuk mendapatkan pasukan yang lebih kuat.

3. Clan
Baik game COC ataupun Clash Royale terdapat sistem clans. Yang membedakan clan pada COC dan Clash Royale hanya terletak pada cara request troop saja. Pada game COC, request troop bisa bebas diisi sesuai kapasitas. Sedangkan pada Clash Royale, pemain hanya bisa request kartu yang sama dengan miliknya saja.

4. Resource
Pada game Clash of Clans atau Clash Royale terdapat dua jenis resource, yakni gold dan elixir. Pada COC, gold digunakan untuk upgrade defense, dan elixir digunakan untuk upgrade troops. Sedangkan pada Clash Royale, gold digunakan untuk upgrade dan beli kartu, sedangkan elixir digunakan untuk proses battle.












Daftar pustaka :
http://www.makemac.com/review-clash-royale/

http://www.majalahgadget.com/perbedaan-antara-game-clash-of-clans-dengan-clash-royale/

Komentar

Postingan Populer